Selasa, 02 April 2019

PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ANATOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MAHASISWA D III KEBIDANAN SEMESTER II UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG TAHUN 2012


ABSTRAK

Hasil pengamatan yang didapat dari nilai post tes yang rata-rata nilai  mahasiswa  D III Kebidanan Semester 2 Malahayati Bandar Lampung kurang dari 60.dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran anatomi di peroleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Aktivitas siswa rendah merupakan akibat dari masih ada siswa yang tidak memperhatikan pembelajaran  pada waktu dosen menjelaskan, tidak mau bertanya, mengobrol sendiri, dan pembelajaran kurang menarik, sehingga hal ini berdampak terhadap hasil belajar yang juga rendah. Hal ini terlihat dari dari rata-rata nilai yang dicapai siswa belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar anatomi menggunakan model pembelajaran inkuiri pada mahasiswa D III Kebidanan Semester 2 Universitas Malahayati Bandar Lampung Tahun 2012.


Jenis penelitian adalah survey analitik dengan rancangan analitik eksperimental. Populasi penelitian adalah mahasiswa Semester II Program Studi Diploma III Kebidanan Universitas Malahayati Bandar Lampung tahun 2012 yang berjumlah 55 orang dan samepl sebanyak 55 orang. Analisis bivariat dalam penelitian adalah sample paired t test.

Hasil uji statistik diperoleh p-value = 0,000 (p-value < α = 0,05) yang berarti bahwa ada pengaruh aktivitas belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran anatomi melalui metode inkuiri pada mahasiswa D III Kebidanan Semester 2 Universitas Malahayati Bandar Lampung tahun 2012. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Anatomi Mahasiswa.

Kata Kunci        : Aktivitas, Hasil belajar, Metode inkuiri

Pustaka             : 22 (1997-2011)




KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar