ABSTRAK
Hasil pengamatan yang didapat dari nilai post tes yang
rata-rata nilai mahasiswa D III Kebidanan Semester 2 Malahayati Bandar
Lampung kurang dari 60.dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran anatomi
di peroleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Aktivitas siswa
rendah merupakan akibat dari masih ada siswa yang tidak memperhatikan
pembelajaran pada waktu dosen
menjelaskan, tidak mau bertanya, mengobrol sendiri, dan pembelajaran kurang
menarik, sehingga hal ini berdampak terhadap hasil belajar yang juga rendah.
Hal ini terlihat dari dari rata-rata nilai yang dicapai siswa belum mencapai
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar anatomi
menggunakan model pembelajaran inkuiri pada mahasiswa D III Kebidanan
Semester 2 Universitas Malahayati Bandar Lampung Tahun 2012.
Jenis penelitian adalah survey analitik dengan rancangan analitik eksperimental. Populasi penelitian adalah mahasiswa Semester II Program Studi Diploma III Kebidanan
Universitas Malahayati Bandar Lampung tahun 2012 yang
berjumlah 55 orang dan samepl sebanyak 55 orang. Analisis bivariat dalam penelitian
adalah sample paired t test.
Hasil uji
statistik diperoleh p-value = 0,000 (p-value < α = 0,05) yang
berarti bahwa ada pengaruh aktivitas belajar dan
hasil belajar dalam pembelajaran anatomi melalui metode inkuiri pada mahasiswa
D III Kebidanan Semester 2 Universitas Malahayati Bandar Lampung tahun 2012.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dan
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Anatomi Mahasiswa.
Kata Kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Metode
inkuiri
Pustaka :
22 (1997-2011)
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar